IMPLEMENTASI ALGORITMA GENETIKA UNTUK OPTIMASI NEURAL NETWORK PADA STUDI KASUS PERMAINAN TRON
Abstrak
Abstrak
Tron dimainkan dalam arena yang tersusun atas grid-grid dan seringkali kedua pemain ditempatkan dititik awal yang berbeda, setiap pemain pada dasarnya memainkan permainan dengan mengarahkan lurus, berbelok kekiri atau berbelok kekanan hingga salah satu atau keduanya mengenai objek dinding atau laser. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti seberapa bagus algoritma genetika dalam mengoptimalisasikan neural network untuk kecerdasan buatan. Serta untuk mengetahui berapa persentase kemenangan untuk setiap kecerdasan buatan yang diteliti. Hasil penelitian yang didapat adalah N5 lebih cepat dalam dalam mendapatkan hasil yang optimal yaitu hanya memerlukan 9 generasi tetapi memiliki persentase terendah. Sehingga bisa ditarik kesimpulan semakin cepat menemukasn hasil yang optimal tidak menjamin kecerdasan buatan tersebut menjadi lebih baik. .